Sosialisasi Empat Pilar Denty Ingatkan Pentingnya Pendidikan Karakter Anak

WONOSOBO – Lingkungan keluarga merupakan tempat utama bagi anak agar dapat memperoleh pendidikan selama proses perkembangan kehidupan. Agar lahir generasi yang cerdas, berkhlak mulia dan memiliki pondasi dasar yang kokoh, keluarga juga harus menjadi tempat yang baik untuk pendidikan karakter anak.

Hal itu disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Denty Eka Widi Pratiwi saat sosialisasi empat pilar di Kabupaten Wonosobo, 21 Juli 2023. Acara tersebut dihadiri wali murid RA Masyitoh III Ropoh dan masyarakat sekitar.

Salah satu pendidikan karakter yang ditanamkan kepada anak adalah rasa cinta tanah air dengan mendasarkan pada empat pilar kebangsaan, meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Empat pilar tersebut sebaiknya ditanamkan sejak ini di lingkungan keluarga dan masyarakat agar tercipta masyarakat yang adil dan makmur.

“Pendidikan karakter harus dimulai dari rumah di mana anak-anak dapat belajar melalui contoh positif dari orang tua, serta perlunya ketahanan keluarga agar mampu menghadapi dan mengelola masalah dalam situasi sulit sehingga tercipta keluarga harmonis, tercapai kesejahteraan lahir dan kebahagiaan batin anggotanya,” ujar Denty.

Harus diakui, masih ada keluarga yang sering kali mengabaikan nilai-nilai edukasi di dalam lingkup rumah tangga. Misalnya, membiarkan anak bermain dan bergaul tanpa kontrol yang memadai, kurangnya perhatian tatkala ia sedang berkomunikasi dengan sesamanya, serta masih ada sikap apatis sebagian besar para orang tua terhadap tata krama kehidupan pergaulan anak-anak di lingkungannya bermain.

“Kemajuan arus teknologi informasi global turut pula mempengaruhi cara berfikir dan bertindak para orang tua. Misalnya perilaku instant dengan memberi fasilitas media yang tidak mendidik, membiarkan mengakses berbagai informasi yang tidak mendidik melalui tayangan media televisi atau handphone dan pengawasan yang tidak terkontrol akibat ketidakpedulian para orang tua,” imbuhnya.

Oleh karenanya, Denty mengajak orang tua yang hadir memupuk generasi penerus bangsa yang unggul, berbudi pekerti luhur serta jujur harus dipupuk sedari dini dan diberikan contoh positif melalui orang tua dan lingkungan sekitar. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *